Profil

PROFIL PERPUSTAKAAN

 

SELAYANG PANDANG

Perpustakaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa mempunyai sejarah yang cukup panjang yaitu diawali dengan pengumpulan dan pendokumentasian pustaka kebahasaan sejak berdirinya Institut voor  Tool en Cultuur Onderzoek (ITCO) pada Tahun 1947. Keadaan ini berlangsung terus hingga terbentuknya Lembaga Bahasa dan Budaya pada tahun 1952, Lembaga bahasa dan Kesusastraan pada tahun 1968, Lembaga Bahasa nasional pada tahun 1969, dan Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa pada tahun 1975. Sejak dirintisnya pendokumentasian pada tahun 1947 sampai dengan tahun 1968 penyelenggaraan penggunaan perpustakaan belum dilaksanakan secara sistematis, sesuai dengan sistem perpustakaan. Sistem perpustakaan baru diterapkan pada saat Lembaga Bahasa Nasional yang terbentuk pada tahun 1969 dan dilengkapi dengan tenaga pustakawan yang telah mendapat pendidikan ilmu perpustakaan.

Perkembangan koleksi dan tuntutan layanan membutuhkan sarana dan prasarana yang memadai, representatif, dan memerlukan tambahan tenaga ahli dibidang ilmu perpustakaan.  Pada awalnya perpustakaan menempati sebuah ruangan di jalan Diponegoro No. 82 Jakarta Pusat dan dikelola oleh 3 petugas perpustakaan dan selanjutnya bertambah hingga menjadi 6 petugas perpustakaan. Keadaan tersebut berlangsung hingga beberapa tahun dan pada tahun. perpustakaan pindah ke Gedung Iswara Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa lantai III di jalan  Daksinapati Barat IV, Rawamangun, Jakarta Timur.

 

VISI DAN MISI

VISI

Terwujudnya perpustakaan prima yang mampu membentuk insan berkarakter dan jati diri bangsa melalui bahasa dan sastra Indonesia dan berperan aktif membumikan bahasa dan sastra indonesia.

MISI

Meningkatkan mutu pelayanan perpustakaan dibidang kebahasaan dan kesusastraan.

  1. Meningkatkan keterlibatan dan peran serta perpustakaan dalam membangun ekosistem pendidikan dan kebudayaan dengan penyediaan sumber bacaan yang bermutu.
  2. Meningkatkan keterlibatan para pemangku kepentingan melalui pelayanan informasi  dalam pengembangan, pembinaan, dan pelindungan bahasa dan sastra.
  3. Meningkatkan kerja sama dengan perpustakaan instansi lain dalam rangka peran aktif membumikan bahasa dan sastra Indonesia.

SIFAT, TUGAS DAN KEGIATAN.

SIFAT.

Perpustakaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa adalah perpustakaan khusus yang melayani pemustaka dalam kebahasaan dan kesastraan dalam berbagai kepentingannya, yaitu peneliti, pengajar serta peminat kebahasaan dan kesastraan.

TUGAS.

Tugas pokok perpustakaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa adalah menginterfensi semua bahan mengenai bahasa dan sastra serta pengajaran bahasa dan sastra untuk menunjang tugas pokok Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

KEGIATAN.

Untuk menunjang tugas pokok Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa perpustakaan melakukan kegiatan  sebagai berikut:

  1. Mengolah penyediaan bahan  bahan pustaka yang kegiataanya meliputi: (1) pemantauan perkembangan penulisan dan (2) perolehan bahan kebahasaan dan kesastraan;
  2. Mengolah penyediaan bahan informasi yang kegiatannya meliputi: (1) penelitian isi bahan pustaka, (2) penyusunan katalogisasi,  (3) penyusunan klasifikasi, (4) penyusunan karangan, (5), penyusunan indeks, (6) penyusunan bibliografi, (7) penyusunan guntingan surat kabar, (8) penyusunan pedoman perpustakaan, dan (10) penyusunan statistik perpustakaan;
  3. Mengolah pemanfaatan bahan pustaka yang kegiatannya meliputi (1)       pemberian informasi kepada pembaca dan (2) pemberian informasi mengenai bahan rujukan (referensi);
  4. Mengolah pengembangan perpustakaan yang kegiatannya meliputi (1)     pengolahan pembinaan koleksi dan peralatan teknis perpustakaan, (2) peningkatan hubungan kerja sama dalam rangka pengembangan jaringan informasi, (3) peningkatan promosi perpustakaan, (4) ikut menjadi anggota profesi, dan (5) ikut dalam kegiatan temu ilmiah yang diselenggarakan didalam dan diluar negeri.

 

Alamat
Jalan Daksinapati Barat IV, Rawamangun, Jakarta Timur, Indonesia.

Nomor Telepon
(021) 4706287

Jam Buka
Senin – Kamis
08.00-15.30 WIB
Jum’at
08.00-15.30 WIB